Pages


SYN flood Attack

SYN-Flooding merupakan network Denial ofService yang memanfaatkan 'loophole' pada saat koneksi TCP/IP terbentuk. Kernel Linux terbaru (2.0.30 dan yang lebih baru) telah mempunyai option konfigurasi untuk mencegah Denial of Service dengan mencegah/menolak cracker untuk mengakses sistem.



Pada kondisi normal, client akan mengirimkan paket data berupa SYN (synchronization) untuk mensincrokan pada server. Lalu server akan menerima request dari client dan akan memberikan jawaban ke client berupa ACK (Acknowledgement). Sebagai tanda bahwa transaksi sudah dimulai (pengiriman & penerimaan data), maka client akan mengirimkan kembali sebuah paket yang berupa SYN lagi. Jenis serangan ini akan membajiri server dengan banyak paket SYN. Karena setiap pengiriman paket SYN oleh client, server pasti akan membalasnya dengan mengirim paket SYN ACK ke client. Server akan terus mencatat dan membuat antrian backlog untuk menungu respon ACK dari client yang sudah mengirim paket SYN tadi. Biasanya memori yang disediakan untuk backlog sangat kecil, . Pada saat antrian backlog ini penuh, sistem tidak akan merespond paket TCP SYN lain yang masuk – dalam bahasa sederhana-nya sistem tampak bengong / hang. Sialnya paket TCP SYN ACK yang masuk antrian backlog hanya akan dibuang dari backlog pada saat terjadi time out dari timer TCP yang menandakan tidak ada responds dari pengirim.  
Land attack merupakan salah satu jenis serangan SYN, karena menggunakan paket SYN (synchronization) pada saat melakukan 3-way Handshake untuk membentuk suatu hubungan TCP/IP antara client dengan server. Namun jenis serangan ini sudah tidak efektif lagi karena hampir pada setiap sistem sudah di proteksi melalui paket filtering ataupun firewall.
 

Berikut ini merupakan langkah –langkah yang akan dilakukan dalam melancarkan serangan land :

Akibat dari serangan :
Seandainya server/host tersebut belum terproteksi terhadap jenis serangan ini, server akan crash/ hang.

Penanggulangan :
Cara mencegahnya yaitu dengan cara memproteksi sistem dengan paket filtering atau firewall.

0 komentar:

Posting Komentar