Pages


UDP Bomb Attack

UDP Bomb attack adalah suatu serangan bertipe Denial of Service (DoS)
terhadap suatu server atau komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Untuk melakukanserangan UDP Bomb terhadap suatu server, seorang penyerang mengirim sebuah paket UDP (User Datagram Protocol) yang telah dispoof atau direkayasa sehingga berisikan nilai-nilai yang tidak valid di field-field tertentu.


Jika server yang tidak terproteksi masih menggunakan sistem operasi (operating system) lama yang tidak dapat menangani paketpaket UDP yang tidak valid ini, maka server akan langsung crash. Contoh sistem operasi yang bisa dijatuhkan oleh UDP bomb attack adalah SunOS versi 4.1.3a1 atau versi sebelumnya.

Penanggulangan :
Kebanyakan sistem operasiakan membuang paket-paket UDP yang tidak valid, sehingga sistem operasi tersebut tidak akan crash. Namun, supaya lebih aman, sebaiknya menggunakan paket filtering melalui firewall untuk memonitor dan memblokir serangan seperti UDP Bomb attack.
 

KESIMPULAN
Dunia cyber memang amat sangat tidak aman, Jalur internet dapat menjadi tempat kejahatan, banyak alasan kenama kejahatan dalan cyber terus menjamur :

  • Perangkat hukum yang mengatur tentang cyberspace atau dunia maya belum memadai
  • Kurangnya kemampuan penyidik disebabkan oleh :
1. Kurangnya pengetahuan tentang teknologi komputer
2. Pengalaman kasus cyber crime masih terbatas
3. Faktor pembuktian yang memerlukan saksi-saksi korban
(walaupun saksi korban diluar negeri).
  • Fasilitas komputer forensik
  • Kurangnya kerjasama Internasional

Terdapat banyak sekali varian dari serangan Denial os Service, diantaranya yang paling sering terjadi yaitu ping of death, teardrop, SYN flood attack, Smurf Attack, UDP boms attack, dan masih banyak lagi.

Begitu banyak serangan yang akan mengancam jaringan kita, namun jangan khawatir, berikut ini juga terdapat cara untuk mengatasi jenis serangan Denial od Service :
  1. Lakukan pencegahan serangan DoS dengan menutup servis servis/protokol protokol yang dianggap tidak perlu melalui firewall
  2. Non aktifkan IP directed broadcast untuk subnetwork subnetwork dalam domain anda guna mencegah serangan ini.
  3. Gunakan filter filter paket HANYA mengizinkan paket paket dengan IP address yang sah yang melewati jaringan.
  4. Ketahui lebih dini tentang bentuk serangan Denial of Service yang beredar, juga serangan berbasis tool tool yang didistribusikan para intruder

0 komentar:

Posting Komentar